Senin, 10 Januari 2011

Si Cantik nan Anggun


Klasifikasi : 
Kerajaan          : Animalia 
Filum               : Chordata 
Kelas               : Aves 
Ordo                : Psittaciformes 
Famili              : Cacatuidae 
Genus              : Cacatua 
Spesies            : Cacatua sulphurea
Deskripsi
1.      Habitat
Burung kakak tua umumnya di pepohonan hutan primer dan sekunder.
2.      Morfologi
-          Memiliki bulu lengkap(plumas), yaitu terdiri dari batang bulu dan lembaran bulu. Batang bulu dibedakan atas calamus dan rachi. Lembaran bulu terdiri atas deretan barbae dan babulae berkait.
-          Memiliki paruh yang pendek dan berkait, yaitu ukuran paruh lebih pendek dari ukuran kepala, bagian atas lebih panjang dan melengkung menutupi bagian bawah.
-          Mimiliki sayap panjang, yaitu ukuran dari bengkokan kedua sampai ke ujung lebih panjang dari pada badan
-          Memiliki jari yang rata, yaitu hallux melekat pada bagian yang lebih tinggi di atas perlekatan jari – jari yang lain.
-          Memiliki cakar yang runcing dan melengkung.
-          Memiliki kaki tipe bertengger passerine, yaitu hallux melekat datar dengan jari – jari lain
-          Memiliki ekor yang panjang dan rata, yaitu panjangnya lebih panjang dari pada badan dan semua bulu sama panjang.
3.      Ciri spesifik spesies
Kakak tua memiliki bulu yang hampir semua warnanya putih, memiliki jambul berwarna kuning di kepalanya yang dapat ditegak – tegakkan.
4.      Makanan
Cacatua sulphurea termasuk burung omnivora. Jenis makanan spesies ini terdiri dari biji-bijian, kacang, aneka buah-buahan dan serangga kecil.
5.      Perkembangbiakan
Cacatua sulphurea berkembangbiak dengan cara bertelur. Cacatua sulphurea betina menetaskan antara dua sampai tiga telur dalam sarangnya di lubang pohon.
6.      Perilaku
Cacatua sulphurea mempunyai kecerdasan yang cukup bagus, jika dilatih, Cacatua sulphurea akan menirukan suara manusia.Hewan ini sering digunakan untuk acara-acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar