Kamis, 31 Maret 2011

Sistem Pengeluaran pada Tumbuhan

    Untuk mendapatkan energi, tumbuhan melakukan proses oksidasi zat makanan. Selain menghasilkan energi, oksidasi zat makanan juga menghasilkan zat sisa yang berupa gas karbondioksida dan uap air. Zat yang dikeluarkan oleh tumbuhan berbentuk uap air atau tetesan air dan karbondioksida. Uap air dan karbondioksida dikeluarkan melelui mulut daun (stomata) dan lentisel. Tetesan air dikeluarkan melelui hidatoda atau gudatoda.
    Peristiwa pengeluaran air dalam bentuk uap air disebut pengeluaran atau transpirasi, sedangkan peristiwa pengeluaran air dalam bentuk larutan atau tetesan air disebut gutasi. Air yang dikeluarkan oleh tumbuhan berasal dari sisa oksidasi dan sisa air yang tidak digunakan tumbuhan dalam fotosintesis. 
    Dalam keadaan lingkungan  yang lembab, air akan dikeluarkan dalam bentuk tetesan air melelui ujung atau tepi daun. Inilah penyebab gutasi. Ujung daun dan tepi daun merupakan cabang jaringan pengangkut dari akar dan batang. Di daun, jaringan pengangkut menjadi cabang-cabang halus dan membentuk saluran yang berakhir di ujung dan tepi daun. Peristiwa inilah yang mengakibatkan rumput menjadi basah.




1 komentar:

  1. monggo populerkan BERTANAM PURING, sebagai salah satu tanaman penyerap polutan agar bersih dan segar udara INDONESIA, menjadi INDONESIA nyaman, bersih, segar dan sejuk

    BalasHapus