Jumat, 08 Januari 2010

Keistimewaan Tumbuhan

Di dunia ini terdapat banyak sekali keistimewaan - keistimewaan yang dimiliki oleh tanaman, yang tidak dimiliki tanaman lain pada umumnya. Berikut adalah beberapa uraiannya:
  • Tanaman Kaktus (Melocactus curvispinus), tanaman ini memiliki lapisan lilin yang cukup tebal, berfungsi untuk menghambat pengeluaran air yang berlebihan karena habitatnya yang ada di daerah kering. Daun kaktus umumnya berupa duri dengan stomata yang jumlahnya sedikit.
  • Enceng Gondok (Eichhornia crassipes), tanaman ini memiliki daun tunggal yang berbentuk oval, memiliki pangkal tangkai daun yang menggelembung dan berisi udara. Gelembung ini berfungsi sebagai "pelampung" agar tanaman ini dapat mengapung di air.
  • Kantong Semar (Nepenthes sp), tanaman ini berbentuk seperti kantong yang bembuncit dan membulat pada bagian ujungnya. Kantong yang dimiliki tanaman ini berfungsi sebagai alat perangkap untuk menangkap mangsanya (umumnya serangga).
Masih banyak tanaman lain yang belum dapat diungkapkan di sini. Mungkin lain waktu dan kesempatan dapat ditambahkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar